4 Langkah Atasi Kejenuhan dalam Pernikahan

Agustus 09, 2017
Potret Inspirasi – Hai Sobat, Bagaimana kabarnya hari ini? Sudah pada nikah kan? Atau masih merencanakan pernikahan? Berbicara pernikahan tentu tidak pernah lepas dari kata jenuh. Kejenuhan dalam pernikahan ternyata tidak hanya dialami bagi mereka yang menjalani pernikahan puluhan tahun lamanya. Akan tetapi juga terkadang dirasakan oleh pasangan muda-mudi yang baru seumur jagung merajut tali pernikahan. Kejenuhan terjadi dikarenakan rutinitas aktivitas pernikahan tanpa mengetahui makna pernikahan sesungguhnya. Bahkan pernikahan bagi sebagian orang dipandang sebagai aktivitas mengikat janji antara suami istri atau mungkin anak-anak.



Padahal seperti yang dilansir pada Majalah UMMI, Selayaknya pernikahan melibatkan tiga komponen penting yaitu komitmen, keintiman, dan passion (gairah secara fisik). Tanda-tanda sebuah pernikahan mencapai titik jenuh seperti rasa lelah yang berlebihan, berkurangnya komunikasi yang terjalin antara suami istri, seringnya terjadi konflik sekalipun urusan kecil dalam rumah tangga. Kondisi seperti ini tidak bisa dibiarkan begitu saja. Karena jika hal tersebut dibiarkan begitu saja maka kehangatan dalam keluarga akan hilang begitu saja.
Pada setiap persoalan kehidupan tentu ada jalan dalam rangka menyelesaikan persoalan tersebut, berikut ini sobat Potret Inspirasi akan memberikan informasi tentang 4 langkah mengatasi kejenuhan yang kita alami dalam berumah tangga, yaitu :

1.    Mari Lakukan Evaluasi Pernikahan

Memiliki Visi dan Misi ternyata tak hanya dimiliki ketika sobat Gudang Inspirasi berorganisasi. Setiap ketika yang memilih hidup berkeluarga wajib memiliki visi dan misi, Karena sejatinya rumah tangga merupakan organisasi kecil nan indah. Karena itu jikalau sobat sudah mengalami kejenuhan satukan kembalikan visi dan misi yang sudah kita atur sejak awal, kalau tidak mari kita perbarui visi dan misi dalam rumah tangga kita.

2.    Coba Sediakan Waktu untuk Berkomunikasi

Padatnya rutinitas sehari-hari terkadang menyebabkan kejenuhan dalam pernikahan. Karena itu cobalah kita agendakan atau luangkan waktu untuk berkomunikasi dengan pasangan kita, taruhlah ketika kita mau tidur. Penting untuk kita pahami, bicaralah yang positif, jangan berisi permasalahan di tempat kerja atau hal negative lainnya, sebab hanya akan memperkeruh suasana.

3.    Bersama Pasangan lakukan aktivitas baru

Memiliki aktivitas baru dalam kehidupan rumah tangga, akan membuat kita merasakan sensasi hidup berbeda dari sebelumnya. Taruhlah misalnya agenda travelling, atau berolahraga bareng di taman terdekat. Paling penting sobat sekalipun kita melakukan aktivitas baru tetap tidak menghiraukan biaya dan keamanan. Karena kalau kita menghiraukan dua hal tersebut maka hati-hati dengan persoalan lainnya menanti di depan mata.

4.    Berikan Waktu untuk Sendiri Sejenak
Diri kita pribadi sob, tentu memerlukan waktu untuk sendiri, tak lebih guna mengeksplorasi potensi dalam diri kita. Semisal, perlu ke tempat fitness untuk menyalurkan hasrat dan keinginan. Hal terpenting lakukan dengan seimbang, tak berlebihan, dan tidak mengabaikan pasangan, bahkan anak-anak kita.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »